Rabu, 27 September 2017

Artikel : Cara Efektif Mengalahkan Rasa Ngantuk saat Belajar

Cara Efektif Mengalahkan Ngantuk  saat Belajar
           
Mengantuk adalah respon tubuh dimana oksigen di dalam otak menurun. Biasanya rasa ngantuk selalu terjadi ketika kita terlalu konsentrasi dalam suatu kegiatan, misalnya ketika belajar, bekerja, berkendara,dan mendengarkan seminar yang kurang seru. Rasa ngantuk itu memang menyebalkan ya, apalagi ketika kita berniat untuk konsentrasi penuh dalam sebuah kegiatan tapi tanpa diundang rasa ngantuk datang. Menurut orang-orang ngantuk itu menular tapi nyatanya hanya sebuah respon diri kita saja, ketika orang lain ngantuk lalu menguap, maka respon diri kita yang melihat orang tersebut pun akan sama seperti apa yang teman kita lakukan yaitu ngantuk dan menguap.
            Ternyata rasa ngantuk dikalangan orang yang berjiwa muda itu ada penyebabnya kawan, apa saja yaaa ? yok kita bahas  penyebabnya :
1.      Terlalu kenyang
Terlalu banyak makan terutama mengkonsumsi karbohidrat bisa menyebabkan ngantuk dan perut yang sakit karena terlalu berlebihan.
2.      Konsentrasi yang terus dituntut
Konsentrasi yang terus menerus akan membuat jenuh dan mengantuk, karena oksigen didalam otak akan terus menurun jiga terus dipaksa konsentrasi teru menerus,
3.      Kurang Olahraga
Dengan berolahraga tubuh akan menjadi segar serta peradaran darah yang lancar dan energi yang bertambah, tapi kalau kita kurang olahraga dengan pasti akan cepat ngantuk karena tubuh tak berenergi dan kurang segar.
4.      Tekanan Mental
Bagi seseorang yang selalu merasa gelisah,banyak pikiran,cemas dan depresi, reaksi tubuh terhadap perasaan tersebut dapat direspon oleh otak menjadi rasa ngantuk.
            Setelah kita mengetahui penyebab dari rasa kantuk, tak ada salahnya kita mengetahui bahkan melakukan cara penanggulangannya kawan, ini dia beberapa caranya :
1.      Jangan belajar terus menerus seharian
Otak kita jika terus menerus belajar satu pelajaran secara monoton  maka respon otak akan jenuh dan ngantuk, maka sebaiknya diselingi dengan pelajaran yang akan membuat anda menjadi semangat dan tak jenuh.
1.      Diskusi
Dalam pembelajaran cobalah untuk diselingi dengan diskusi bersama teman atau pengajar agar respon otak kita terkontrol dan tak mengantuk.
2.      Ngemil
Dengan mengemil rasa ngantuk akan ternetralisasi, bawalah cemilan seperti permen mint, permen asem jawa,jika diperbolehkan oleh pengajar untuk membawa snack ( makanan ringan ) maka bawalah.
3.      Pergi ke toilet
Basuh wajah dan nikmati udara perjalanan saat pergi ke toilet, karena dengan hal tersebut akan menghilangkan rasa ngantuk dan wajah pun akan terasa segar bila sudah di basuh.
4.      Ubah posisi duduk
Posisi duduk pun akan mempengaruhi tingkat konsentrasi dan rasa kantuk kita, jika merasa mengantuk cobalah untuk duduk dengan tegap.
5.      Minum air atau kopi
Dehidrasi bisa menyebabkan rasa ngantuk,jadi tak ada salahnya untuk membawa air minum atau kopi kedalam kelas,karena dengan minum air atau kopi akan membantu kawan menghindari rasa ngantuk yang berlebihan.
6.      Terapi pensil dan pulpen
Pasti jarang kan dengar istilah ini ?, nah terapi pensil ini sangat efetif dilakukan dimana pun, hanya bermodalkan pensil atau pulpen lalu tempelkan pada salah satu jari dan pijat pijatlah dengan cara digelindingkan, minta bantuan temannya ya untuk melakukan hal tersebut supaya lebih terasa pada saat penyampaian respon ke otaknya, karena dengan cara tersebut akan ada respon dari otak kita melalui saraf  untuk tidak mengantuk.
7.      Tidur
Jika cara diatas tidak mempan untuk kalian, cobalah untuk tidur sebentar hanya beberapa menit agar sedikit segar dalam menerima materi.
            Begitulah penyebab dan cara mengatasi rasa ngantuk ketika belajar, cobalah yang sesuai dengan keinginan kawan ya dalam hal mengatasi rasa ngantuknya. Semoga bermanfaat dan berhasil.

( Ira Seliawati )

0 komentar:

Posting Komentar

Tips Biar Gak di Katain Jomblo Pas Lagi Nongkrong

Pada dasarnya manusia memang di ciptakan berpasangan, tetapi waktu yang di berikan tuhan untuk menemukan pasangan tidaklah sama, ada yang d...